Untitled Document

 
Script InterMedia
 
HomeProfil Produk & Layanan | Tim Kerja | Portfolio | Kontak | Galeri Foto | Proposal RQC | Demo RQC
Untitled Document
Profil Yuhardin
Y U H A R D I N
CEO Script InterMedia

M: +62853 4292 1117
Pin BB: 3156C99B

Email: ceo@scriptintermedia.com
Fb: Yuhardin Ssi
 
 

    News
Google
 


Rabu, 27-04-2011 
Pemprov Sulsel Terbaik Ke-2 Parasamya (Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah)
 
Perbaikan kinerja pemerintah yang diterus digerakkan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo pada 2009 akhirnya berbuah manis. Besok di Bogor, Jawa Barat, Senin 25 April 2011, Wakil Presiden Budiono akan menyerahkan langsung Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) kepada Syahrul selaku Gubernur Sulsel.
 


Pada penyerahan SK oleh Wapres Budiono besok, Syahrul akan didampingi oleh Karo Humas Pemprop H. Agus Sumantri dan Karo Pemerintahan Daerah H. Halfin Gau, serta beberapa pejabat pemprov dari Perwakilan di Jakarta.

Penyerahan SK tersebut merupakan rangkaian pelaksanaan Hari Otonomi Daerah ke-15 yang diselenggarakan di kota Hujan, Bogor. Seluruh gubernur dan bupati dari provinsi dan kabupaten/kota yang menerima SK akan mengadiri hari Otonomi Daerah tersebut.

Dalam evaluasi ini, Departemen Dalam Negeri (Depdagri) hanya menyiapkan peringkat tiga besar untu kelompok EPPD Pemerintah Provinsi. Pronvinsi Sulawesi Selatan sendiri menempati peringkat kedua setelah Sulawesi Utara di peringkat pertama. Sementara peringkat ketiga atau terakhir ditempati Provinsi Jawa Tengah. Jumlah provinsi di Indonesia adalah 33 daerah.

Untuk kelompok EPPD Pemerintah Kabupaten, Sulawesi Selatan berhasil menempatkan dua kabupatennya, yakni Kabupaten Enrekang dan Luwu Utara. Kedua kabupaten ini berhasil menempati peringkat 10 besar dari 398 kabupaten di seluruh Indonesia. Sementara untuk kelompok EPPD Pemerintah Kota, tak satu pun satu dari tiga kota di Sulawesi Selatan yang berhasil berada di peringkat 10 besar yang telah di tetapkan oleh Dedpdagri.

Kriteria yang menjadi patokan penilian Tim EPPD Depdagri adalah Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) kepada Pemerintah, LKPJ kepala daerah kepada DPRD, dan LPPD kepada masyarakat.

Hal lain yang menguatkan posisi Pemprov Sulsel pada peringkat kedua adalah diterapkannya sistem Informasi LPPD. Sistem informasi ini memungkinkan LPPD dapat dirampungkan secara serempak dan terpadu. Tahap penerapan sistem informasi ini juga menandai berakhirnya model pelaporan LPPD secara konvensional dan manual di jajaran pemerintah provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam peraturan ini, disebutkan tiga topik besar yang menjadi standar penilaian Tim EPPD, yakni Urusan Desentralisasi, Tugas Perbantuan, dan Tugas Umum Pemerintahan. Laporan kinerja keuangan Provinsi Sulawesi Selatan 2009 memberi kontribusi besar sehingga mampu menempatkan provinsi ini pada peringkat kedua. Sementara provinsi Sulawesi Utara sendiri menempati peringkat pertama karena laporan kinerja keuangannya mendapatkan status Wajar Tanpa Kecuali (WTK).

Tim EPPD untuk tingkat provinsi dibentuk oleh mendagri yang terdiri dari unsure DEPDAGRI, BPKP, perwakilan LSM, BAPENAS, dan KEMENPAN. Sementara tim EPPD untuk tingkat kabupaten/kota yang juga dibentuk oleh mendagri terdiri dari unsure Bawasda Provinsi Sulsel, Biro Pemerintahan Daerah Premprov Sulsel dan BPKP.

Menurut Halfin Gau, keterlibatan BPKP dalam Tim EPPD Depdagri ini membuat proses penilaian menjadi sangat ketat. Bahkan menurutnya, sinyalemen penyalahgunaan anggaran seperti korupsi menjadi tersaring dengan baik berkat keberadaan usur BPKP dalam tim tersebut.

Sebelum merampungkan hasil skoring, tim EPPD Provinsi dan Kabupaten melakukan verfikasi lapangan terakhir awal bulan ini di tiga tempat, yaitu di kantor Pemprov Sulsel, Pemkab Enrekang, dan Pemkab Luwu Utara.

Penghargaan kepada Provinsi Sulawesi Selatan sebagai provinsi terbaik kedua akan diserahkan kepada Syahrul oleh Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara pada rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada Agustus tahun ini, 2011.(ELS)

(Sumber: http://sylcommunity.blogspot.com/2011/04/pemprov-sulsel-terbaik-ke-2-parasamya.html)
 

Komentar:




Home : scriptintermedia.com
 
Berita Lain
Pilkada Sulsel Jadi Ajang Pemanasan Pilpres 2014

Pasangan Calon Perlu Konsultan Hukum

Nomor Urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara 2012

2012, Tahun Pilgub Sulsel

Pemilukada Serentak Bisa Jadi Bumerang

2012, Jateng akan Gelar Pilkada di Lima Daerah

Biografi/Profil Muhammad Nazar


Untitled Document
 



    Portfolio Real Quick Count Pilkada

- Pilgub Sulteng (Sulawesi Tengah)
- Pilgub Banten
- Pilgub Sulbar (Sulawesi Barat)
- Pemilukada Kota Jogja
- Pemilukada Kab. Buru, Maluku
- Pemilukada Torut Put. 2
- Pemilukada Malinau, Kaltim
- Pemilukada Kubar, Kaltim
- Pemilukada Rokan Hulu, Riau
- Pemilukada Nunukan, Kaltim
- Pemilukada Sragen, Jateng
- Pemilukada Kaur, Bengkulu
- Pemilukada Sarolangun, Jambi

Selanjutnya...



Untitled Document
 

 

    Artikel IT
Inilah Cara Internet Selamatkan Jepang

Pentingnya Teknologi Informasi untuk kesinambungan bisnis

Laporan Malware 2010: 10 Ancaman Teratas Setahun Terakhir

Inilah Inovator Muda Finalis IWIC 2010

PIN BlackBerry Jadi Alat Jejaring Sosial

Pendiri Facebook Menjadi Tokoh Tahun Ini

Ancaman Baru di Era Twitter dan Facebook

    IT News
Plus Minus Windows 8

Daftar 17 Teknologi Akan Memudar di 2012

Sulap Akun Fb jadi Sarana Promosi Diri

10 Kisah Terbesar Dunia Teknologi di 2011

5 Jurus Menangkal Rayuan Virus di Chat Facebook

5 Kiat Aman Belanja Online

10 Teknologi Strategis untuk 2011

    Berita Umum
2 Pembalap Bone Juara di Clas Mild Road Race

TNBNW Rusak, Gorontalo Bisa Tenggelam

Asuransi Delay Diberlakukan Januari 2012

Syahrul Jadi Ketua APPSI, Muallim Ketum Forsesdasi

Nanan Soekarna Ketua Umum PP IMI

Abraham Samad pimpin KPK

Peluang Kajian Keterbukaan Informasi Publik

+ Index   
 Copyright ©2010 Script Intermedia - All rights reserved
 Please send any comments to  webmaster@scriptintermedia.com