Untitled Document

 
Script InterMedia
 
HomeProfil Produk & Layanan | Tim Kerja | Portfolio | Kontak | Galeri Foto | Proposal RQC | Demo RQC
Untitled Document
Profil Yuhardin
Y U H A R D I N
CEO Script InterMedia

M: +62853 4292 1117
Pin BB: 3156C99B

Email: ceo@scriptintermedia.com
Fb: Yuhardin Ssi
 
 

    News
Google
 


Selasa, 13-12-2005 | 14:39:45 PM 
Teknologi Sederhana Dapat Menyadap Telepon Anda
 
Menyadap pembicaraan orang adalah tindakan ilegal. Sampai saat ini pun, kegiatan penyadapan untuk proses penyidikan tidak dapat dilakukan sembarangan. Perlu dilengkapi dengan bukti yang cukup sampai sebuah lembaga boleh melakukan tindakan penyadapan.

 
Menyadap telepon merupakan pelanggaran hak asasi manusia yang diakui secara internasional. Artinya, aktivitas penyadapan telepon di manapun tidak dibenarkan. Aktivitas ini sudah pasti mengganggu privasi seseorang sehingga sangat ditentang. Namun di lain sisi, menyadap telepon dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk mengetahui sebuah informasi yang sangat rahasia. Sehingga terkadang proses penyadapan dibenarkan. Khususnya untuk membantu proses penyelidikan pada kasus yang sangat berbahaya/besar. Aktivitas menyadap juga dapat menjadi cara yang efektif mengontrol penggunaan telepon. Bahkan sebagian orang ada juga yang menggunakan kegiatan menyadap ini sebagai salah satu sarana pencuran pulsa.

Yang paling besar memiliki kesempatan untuk melakukan aktivitas ini adalah perusahaan telekomunikasi. Karena di sanalah semua bentuk komunikasi bermuara. Namun, bukan berarti orang awam tidak dapat melakukannya. Proses penyadapan dapat dilakukan dengan sangat cepat dan mudah. Meskipun semakin sederhana, semakin mudah diketahui.

Kemudahan aktivitas sadap menyadap ini membuat seorang informan (penjahat maupun pemerintah) atau mata-mata melakukan komunikasi dengan menggunakan bahasa-bahasa sandi.

Pada Jaringan Analog
Seperti yang tadi telah diungkapkan bahwa menyadap adalah aktivitas yang sangat mudah dilakukan. Anda tidak perlu menjadi seorang detektif atau teknisi untuk dapat menyadap telepon. Bahkan anak-anak pun dapat dengan mudah melakukannya. Hanya saja tidak semua aktivitas penyadapan bisa dikatakan aman.

Aman atau tidaknya kegiatan penyadapan sangat bergantung kepada teknik dan perangkat yang digunakan. Semakin sederhana, maka semakin mudah diketahui. Sedangkan, tingkat kesulitan aktivitas ini sangat bergantung juga kepada sistem telekomunikasi yang digunakan oleh target atau korban.

Jaringan analog adalah yang paling rentan. Artinya, lebih mudah disadap dibandingkan jaringan telekomunikasi digital. Hal ini disebabkan dengan teknologi digital sinyal yang ditransmisikan kana terlebih dahulu melalui proses pengodean. Sehingga siapapun yang mencurinya tidak akan mudah mendengarkan suara yang sebenarnya. Karena harus terlebih dahulu mengubah kode-kode yang ada. Berbeda dengan sinyal analog yang bersifat langsung. Hal inilah yang memudahkan telekomunikasi dengan sinyal analog mudah dicuri. Karena seorang pencurinya tidak perlu repot mengubah atau membaca kode seperti pada transmisi digital.

Coba Anda bongkar pesawat telepon yang ada di ada di rumah. Dari boks saluran telepon sampai pesawat telepon hanya akan ada sebuah kabel dengan dua kawat tembaga di dalamnya yang dapat Anda temui. Biasanya kedua kawat tembaga ini dilapisi plastik yang berbeda warna satu sama lain. Satu kawat tembaga tempat mengalirnya sinyal ke dalam dan satu lagi untuk membawa sinyal keluar. Jika kedua kabel ini dikaitkan ke sebuah pesawat telepon lain, maka Anda dapat langsung mendengarkan percakapan pada telepon tersebut.

Konsep ini biasanya digunakan untuk rumah-rumah yang memasang teleponnya secara paralel hanya dengan bantuan spliter sederhana. Satu spliter dapat digunakan untuk memaralelkan sampai tiga telepon sekaligus, tergantung dari lubang keluarnya. Sedangkan lubang masuk hanya akan ada satu saja di belakangnya.

Adalah jumlah kabel yang sama yang akan Anda temui bila Anda membongkar sebuah gagang telepon biasa. Dan seperti layaknya pada sebuah spliter, Anda pun dapat menarik kabel dari dalam gagang tersebut untuk dapat mendengarkan pembicaraan. Masing-masing kabel mengalirkan sinyal ke speaker dan dari mikrofon.

Cara dan Alat
Dari keterangan tadi, tentu Anda sudah dapat membuat kesimpulan bahwa siapapun yang akan menyadap telepon Anda dapat melakukannya dengan dua cara. Melalui kabel di luar atau langsung dari gagang telepon.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa kegiatan penyadapan tidak akan dikatakan kejahatan bila dilakukan sepengetahuan si pengguna telepon. Kegiatan ini hanya dapat digolongkan sebagai kegiatan kejahatan bila dilakukan tanpa sepengetahuan si pengguna telepon.

Penyadapan dapat saja sah bila dilaksanakan untuk kepentingan keamanan atau membatasi pembicaraan. Misalnya saja pada telepon umum. Jika penyadapan dilakukan pada telepon umum dengan meletakkan pemberitahuan yang jelas, maka si pengguna telepon umum tersebut pasti akan merasa canggung untuk melakukan pembicaraan berbau seks dan sara apalagi rencana kejahatan.

Untuk merekam atau menyadap pembicaraan yang seperti ini, Anda hanya perlu menyediakan alat-alat yang sederhana. Yaitu sebuah tape recorder, sebuah spliter, dan kabel telepon. Caranya cukup sambungkan sebuah spliter yang membelah antara peswat telepon yang akan disadap dengan satu kabel menuju tape recorder. Lalu jalankan selalu tape recorder setiap kali ada orang yang menggunakan telepon.

Jika ingin memudahkan pengoperasian, Anda dapat menambahkan sebuah sensor yang dapat membantu tape decoder untuk bekerja secara otomatis. Atau menggunakan tape decoder yang memiliki sensor suara. Sehingga tape hanya akan merekam bila ada pembicaraan saja.

Dengan cara ini, seseorang harus selalu rajin mengontrol isi tape. Jangan sampai kehabisan. Dan harus rajin untuk membolak-balik tape. Lain halnya jika menggunakan teknologi digital dan langsung menyimpan file pembicaraan ke komputer. Dengan cara ini, data dapat lebih banyak ditampung ketimbang dengan tape biasa. Sekarang ini sudah banyak komputer atau modem yang melengkapi paketnya dengan aplikasi telepon serta phone recorder.

Kriminal
Untuk kegiatan kriminal sendiri, cara seperti ini tidak pernah dilakukan, karena seorang pengguna telepon dapat mudah mengetahuinya. Apalagi jika telepon-telepon tersebut digunakan oleh orang–orang penting dengan staf keamanan yang terlatih.

Untuk kegiatan kriminal, kegiatan penyadapan dilakukan dengan lebih lihai. Misalnya saja dengan meletakkan sebuah alat pada boks saluran telepon agar tidak mudah terlihat. Atau jika ternyata telepon yang digunakan adalah telepon digital, maka bisa saja pengintai melakukan penyadapan dengan menggunakan alat kecil yang di sebut bug. Bug diletakkan pada gagang telepon.

Bug sifatnya tanpa kabel. Sehingga korban tidak akan mengetahui apakah teleponnya sedang disadap atau tidak. Bug berbentuk sangat kecil dan memiliki dua kaki kabel yang masing-masing melekat pada masing-masing kabel dalam gagang telepon. Bug mengirimkan datanya dengan bantuan frekuensi radio kepada receiver-nya. Data yang dikirimkan oleh bug dapat direkam atau dapat langsung didengarkan oleh penerima sinyal.

Keberadaan bug sangat popular saat ini dalam penyadapan telepon. Namun, bukan berarti bug tidak dapat dideteksi. Dengan alat sinyal detektor, keberadaan bug juga dapat diketahui. Dan sebagian yang memiliki staf keamanan yang tinggi dapat mengetahuinya. Sedangkan untuk orang yang terlalu lihai, biasanya tidak menyadari bahwa dirinya sedang disadap.

Sejak Perang Dunia Pertama
Kegiatan sadap menyadap sudah ada sejak masa perang dunia pertama. Pada awalnya memang untuk kebutuhan matamata pemerintahan sebuah negara. Namun, kemudian berkembang. Tidak hanya dunia peperangan dan politik saja yang melakukan kegiatan penyadapan. Dunia bisnis pun banyak dipenuhi dengan kegiatan penyadapan ini.

Oleh sebab itu, umumnya para mata-mata atau orang–orang tertentu yang merasa dirinya rawan dengan penyadapan sangat hati-hati dalam berbicara, umumnya mereka menggunakan kodekode tertentu dalam percakapan. Baik melalui telepon maupun tatap muka.

Hal ini disebabkan penyadapan tidak hanya dapat dilakuan secara fisik berdekatan dengan korban, tetapi juga dapat dilakuan tanpa jejak dengan menggunakan alat detektor khusus yang dapat ditembakkan dari jarak jauh.

Dan tidak hanya pembicaraan melalui telepon PSTN saja yang dapat disadap. Pembicaraan dengan menggunakan telepon genggam pun sangat rawan dengan penyadapan. Bahkan cenderung lebih mudah. Cukup dengan penyurian sinyal, maka penyadapan dapat dilakukan. Coba saja Anda gunakan sebuah pesawat radio xxx yang biasa digunakan oleh polisi dan penggemar radio amatir. Kadang mereka dapat secara tidak sengaja pembicaraan telepon yang dilakukan dengan ponsel.

Namun, lain halnya jika pembicaraan dilakukan dengan menggunakan telepon CDMA. Karena ada proses pengodean yang tidak terjadi pada pesawat GSM. Sehingga pembicaraan dengan telepon CDMA lebih aman. Tingkat keamanan pada CDMA sudah lebih dulu dikenal oleh dunia militer ketimbang masyarakat awam.

Apakah Telepon Anda juga Disadap?
Tagihan telepon melonjak atau Anda merasakan kualitas suara pembicaraan terasa aneh. Bisa saja telepon Anda tersadap. Namun, jangan terburu buruk sangka. Siapa tahu ternyata Anda sendirilah sebagai pelakukanya. Cobalah untuk memeriksa jaringan telepon di rumah. Bila Anda memaralelkan telepon hanya dengan menggunakan pembagi jaringan biasa hal tentu saja sangat rentan, karena siapa saja di ujung pesawat sana dapat mendengarkan percakapan Anda kapan saja.

Oleh sebab itu, bila Anda akan membagi jaringan di rumah atau ingin menggunakan lebih dari satu pesawat untuk satu nomor, Anda dapat menggunakan Mini PABX. Dengan alat ini, setiap saluran hanya akan digunakan oleh satu pesawat saja. Pesawat lain tidak dapat mendengarkan bila pesawat
yang lain sudah menerimanya.

Dan bila ternyata setelah menggunakan Mini PABX kualitas suara tetap saja kurang baik atau kurang kuat, hubungi pusat pelayanan telepon untuk memintanya memeriksa jaringan telepon Anda di boks saluran telepon. Siapa tahu ada yang melakukan kecurangan di sana, atau ada saluran yang saling berinterferensi.

Tidak jarang persinggungan antarkabel pada perangkat penghubung juga dapat menyebabkan kebocoran yang artinya, Anda dapat mendengarkan pembicaraan orang lain atau sebaliknya orang lain dapat mendengarkan pembicaraan Anda.

Proses penyadapan yang sederhana selalu meninggalkan jejak. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir. Lain halnya bila proses penyadapan dilakukan dengan alat yang lebih rumit. Misalnya dengan memasukkan bug ke dalam pesawat telepon. Hal ini tentu akan sulit dirasakan. Kecuali Anda membongkar pesawat Anda.

(Sumber: IT Staf)
 

Komentar:




Home : scriptintermedia.com
 
Berita Lain
Pilkada Sulsel Jadi Ajang Pemanasan Pilpres 2014

Pasangan Calon Perlu Konsultan Hukum

Nomor Urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara 2012

2012, Tahun Pilgub Sulsel

Pemilukada Serentak Bisa Jadi Bumerang

2012, Jateng akan Gelar Pilkada di Lima Daerah

Biografi/Profil Muhammad Nazar


Untitled Document
 



    Portfolio Real Quick Count Pilkada

- Pilgub Sulteng (Sulawesi Tengah)
- Pilgub Banten
- Pilgub Sulbar (Sulawesi Barat)
- Pemilukada Kota Jogja
- Pemilukada Kab. Buru, Maluku
- Pemilukada Torut Put. 2
- Pemilukada Malinau, Kaltim
- Pemilukada Kubar, Kaltim
- Pemilukada Rokan Hulu, Riau
- Pemilukada Nunukan, Kaltim
- Pemilukada Sragen, Jateng
- Pemilukada Kaur, Bengkulu
- Pemilukada Sarolangun, Jambi

Selanjutnya...



Untitled Document
 

 

    Artikel IT
Inilah Cara Internet Selamatkan Jepang

Pentingnya Teknologi Informasi untuk kesinambungan bisnis

Laporan Malware 2010: 10 Ancaman Teratas Setahun Terakhir

Inilah Inovator Muda Finalis IWIC 2010

PIN BlackBerry Jadi Alat Jejaring Sosial

Pendiri Facebook Menjadi Tokoh Tahun Ini

Ancaman Baru di Era Twitter dan Facebook

    IT News
Plus Minus Windows 8

Daftar 17 Teknologi Akan Memudar di 2012

Sulap Akun Fb jadi Sarana Promosi Diri

10 Kisah Terbesar Dunia Teknologi di 2011

5 Jurus Menangkal Rayuan Virus di Chat Facebook

5 Kiat Aman Belanja Online

10 Teknologi Strategis untuk 2011

    Berita Umum
2 Pembalap Bone Juara di Clas Mild Road Race

TNBNW Rusak, Gorontalo Bisa Tenggelam

Asuransi Delay Diberlakukan Januari 2012

Syahrul Jadi Ketua APPSI, Muallim Ketum Forsesdasi

Nanan Soekarna Ketua Umum PP IMI

Abraham Samad pimpin KPK

Peluang Kajian Keterbukaan Informasi Publik

+ Index   
 Copyright ©2010 Script Intermedia - All rights reserved
 Please send any comments to  webmaster@scriptintermedia.com